Hairiah Raih Penghargaan Bunda Etnik 2021 di Pameran Indocraft 2020

Editor: Redaksi author photo
Wajah sumringah Hairiah Wakil Bupati Sambas usai menerima Gelar Bunda Etnik Indonesia 2021 pada acara Indocraft ke-17, Cenderawasih Hall, JCC, Jakarta (12/3/2020).
JAKARTA,Sambasupdate.com-  Pameran INDOCRAFT yang ke -17 Tahun 2020 kembali menghadirkan ragam terbaru produk-produk batik dan craft, yang merupakan kategori produk andalan ekonomi kreatif Indonesia.

Acara yang gelar di Cenderawasih Hall Jakarta Convention Centre ini resmi dibuka oleh Menteri KUKM Teten Masduki, Rabu (11/3/2020) dan disaksikan antara lain oleh oleh Raizal Buyung Raiz Ketua Umum Komunitas Desainer Etnik Indonesia, Sita Hani Ketua Umum Komunitas Cinta Berkain, dan Nita Yudi Ketua Umum IWAPI.

Dalam gelaran INDOCRAFT yang ke-17 juga memberikan penghargaan Bunda Etnik bagi tiga panutan Bunda Etnik Indonesia, diantaranya Bunda Hj.Hairiah, S.H,.M.H Wakil Bupati Sambas, Bunda Elly Kasim penyanyi legenda lagu-lagu Minangkabau, Inez Mardiana pegiat busana berkain tradisional kedaerah Indonesia.

Dalam konfirmasinya, Hairiah mengatakan "ini sebagai bentuk apresiasi pihak Indocraft atas dedikasi saya sebagai Wakil Bupati Sambas terhadap pelestarian dan promosi tenun lunggi.

Saya juga turut memberikan ide desain dalam berbagai busana etnik kontemporer yang bergaya modern, " ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Sambas atas pelestariaan khazanah budaya masyarakat Sambas, seperti memberikan masukan pagelaran busana pria dengan tema Bujang Nadi, " beber Wakil Bupati Sambas ini.

Selain itu, Indocraft memberikan apresiasi terhadap ide yang di tuangkan dalam festival tenun lunggi yang telah berlangsung selama dua tahun berturut turut, dan juga promosi yang terus gencar dilakukan.

Selama lima hari Indocraft digelar dengan berbagai acara seperti fashion show dari para desainer yang mengangkat tema pesona Nusantara, diantaranya Pesona Alam Sambas Kalimantan Barat by Savitri, Pesona Sulawesi Selatan by Wanti Eldrin, Busana Pria Elegan Tenun NTB by Feri Kuncoro, dan Minangkabau Heritage by Ida Leman.

Juga dimeriahkan dengan talkshow oleh Indonesia Ethnic Designer Community, workshop dan demo make up oleh Wardah, serta Ethnic Milenial Model Awards 2020. (Gus*)




Share:
Komentar

Berita Terkini