Cara Membuat Hand Sanitizer Alami Dari Daun Sirih

Editor: Redaksi author photo
Infografik: Cara membuat Hand sanitizer alami dari daun sirih. Foto: Keluarga Alumni UGM
SAMBAS, Sambasupdate.com- Keberadaan masker dan hand sanitizer di Indonesia kini menjadi langka di pasaran, termasuk Kota Sambas.

Hasil pantauan Sambasupdate.com sampai pukul 14.00 Wib, Senin (16/3/2020) keberadaan masker dan hand sanitizer kosong disemua apotik di Kota Sambas, bahkan harganya makin melambung membuat masyarakat kewalahan untuk membeli.

Namun masyarakat kini tidak perlu lagi resah. Pasalnya, hand sanitizer dapat dibuat sendiri di rumah. Masyarakat bisa menggunakan daun sirih untuk anti bakteri atau hand sanitizer.

Pembuatan hand sanitizer dari daun sirih sendiri. Pertama daun dipotong-potong kasar terlebih dahulu dan masukan pada wadah. Kemudian ambil panci lain, isi dengan air kemudian didihkan. Letakkan wadah berisi daun sirih tersebut di atas air mendidik dan panaskan hingga 30 menit sampai keluar ekstrak daun sirihnya.

Ekstrak tadi tidak harus digunakan semuanya. Ambil saja seperlunya, misalnya diambil 10 mililiter lalu diencerkan dengan air. Larutan ini sudah bisa digunakan sebagai hand sanitizer. Tinggal disemprotkan saja.



Share:
Komentar

Berita Terkini