95 Anggota PPK Pilkada di Lantik, Ketua KPU Sambas: Pahami Aturan, Jaga Netralitas

Editor: Redaksi author photo
Pengambilan sumpah dan pelantikan PPK Se-Kabupaten Sambas, Sabtu (29/2/2020). Foto: dok.KPU Sambas. 
SAMBAS, Sambasupdate.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas lantik 95 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Sambas dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas Tahun 2020. 

Agenda pelantikan dilakukan di Hotel Pantura Jaya, Sambas, Sabtu, (29/2/2020). Pelantikan ini dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Kabupaten Sambas, Wakil Bupati Sambas, Kapolres Sambas, Dandim 1208 Sambas, Bawaslu Sambas, Kesbangpol dan Satpol PP, serta PPK terpilih.

Dilansir dari laman sambas.kpu.go.id, acara diawali dengan pembacaan SK Pelantikan kemudian dilanjutkan dengan pengucapan sumpah yang dipandu oleh Ketua KPU Kabupaten Sambas yang didampingi oleh Rohaniawan dan diikuti oleh semua PPK yang terpilih. 

Usai dilantik, PPK terpilih menandatangani berita acara pengambilan sumpah. Kemudian pembacaan dan penandatanganan pakta integritas yang ditandatangai oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas serta disaksikan oleh Forkopimda.

"Melihat tugas wewenang dan kewajiban PPK yang cukup berat dan penuh resiko, dituntut kepada seluruh anggota PPK untuk  mempelajari, memahami dan melaksanakan pekerjaan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, " harap Sudarmi dalam sambutannya. 

Harapan kami, jangan sampai ada anggota PPK yang bekerja tidak sesuai aturan, kemudian akan berdampak negatif pada tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas Tahun 2020 yang sedang berjalan, ” jelas Sudarmi Ketua KPU Kabupaten Sambas.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa,  kami sebagai penyelenggara mengucapkan terima kasih atas dukungan dan fasilitas yang telah diberikan dalam menjalankan tugas selama ini, dan kami tetap mohon dukungan dan masukan agar pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 dapat dilaksanakan dengan sukses, " tambah Sudarmi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah S.H, M.H menyampaikan bahwa PPK adalah orang-orang yang terpilih untuk menjadi perpanjangan tangan KPU Kabupaten Sambas dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas Tahun 2020.

"Penyelenggaraan harus bersifat independen dan profesional agar dapat meningkatkan demokrasi di Kabupaten Sambas, "himbaunya. 

Lebih lanjut, Kapolres Sambas, Robertus Bellarminus Herry Ananto Pratiknyo, S.I.K, S.H, M.Si dalam arahannya mengatakan bahwa Kabupaten Sambas menduduki peringkat ke-15 dalam indeks potensi kerawanan Pemilu. Satu diantara faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah tingkat partisipasi masyarakat yang rendah.

Oleh sebab itu mari kita bersama-sama melakukan sosialisasi dan laksanakan Pilkada dengan profesional dan asas Luberjurdil agar dapat terciptanya Pilkada yang aman, damai dan sejuk, " harap Kapolres Sambas. (Gus) 

Share:
Komentar

Berita Terkini