Usai Diresmikan, Masjid At-Taqwa Pemangkat Jadi Ikon Kebanggaan Kab.Sambas

Editor: Redaksi author photo
Gubernur Kalbar Sutarmidji serahkan ambulance secara simbolis, Masjid At Taqwa Pemangkat, Minggu (9/2/2020).
PEMANGKAT, Sambasupdate.com-Peresmian Masjid At-Taqwa Pemangkat oleh Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, Sabtu (9/2/2020) menjadi fase sejarah keberadaan Masjid kebanggaan warga Pemangkat dan menjadi ikon Kab. Sambas.

Dalam sambutanya, Ketua Yayasan Masjid At-Taqwa Drs. H. Urai Tajudin, M.Si menyatakan, "Masjid At-Taqwa Pemangkat sudah beberapa kali dilakukan perubahan bentuk. Keberadaan masjid Pemangkat sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dan bangunan masih berbahan kayu yang biasa disebut mushola. Setelah penjajahan Belanda, baru masjid ini berkonstruksi beton bertingkat dengan atap sirap, kemudian dilalukan perubahan desain kembali dengan konstruksi tanpa tingkat dan perombakan habis,"jelasnya.

Ditambahkan Urai Tajudin, baru pada tahun 2010 masjid At Taqwa kembali dirombak total dan dengan desain bangunan yang diresmikan ini.  Dalam perjalanannya beberapa kali dilakukan penggantian Ketua Yayasan dan panitia pembangunan untuk merealisasikan Masjid At Taqwa. "Alhamdulillah pada hari ini Masjid At Taqwa Pemangkat diresmikan.  Terima kasih saya ucapkan kepada pengurus Yayasan dan panitia pembangunan dari sejak pertama kali sampai masjid ini berdiri megah, "katanya.

Bupati dan Wakil Ketua DPRD Sambas Sampaikan Apresiasi

Ditempat yang sama, Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili menyampaikan  selamat atas peresmian Masjid At Taqwa Pemangkat sebagai Masjid terbesar di Kab. Sambas. "Dan saya juga mengapresiasi kepada pengurus Yayasan, panitia pembangunan, tokoh-tokoh agama dan seluruh warga masyarakat Kec. Pemangkat,"ucapnya.

Bupati Sambas juga memuji peran semua pihak yang telah berpatisipasi dalam pembangunan masjid At Taqwa. "Barang siapa berkontribusi dalam membangun rumah Allah, laiknya telah menyiapkan surga untuk dirinya di akhirat kelak. Bupati juga mengajak setelah peresmian ini mari kita makmurkan masjid dan majelis-majelis pengajian diadalamnya, "jelasnya.

Lebih lanjut Wakil Ketua DPRD Sambas Ir. H. Arifidiar,MH juga mengapresiasi antusiasnya partisipasi warga dalam penyelesaian pembangunan Masjid At-Taqwa. "Dalam kesempatan ini saya juga ingin ucapkan terima kasih kepada kolega-kolega saya di DPRD yang turut berkontribusi atas pembangunan masjid, termasuk komitmen anggaran Pemkab. Sambas, "ujarnya.

Pendanaan Pembangunan Masjid Besar At Taqwa 

Pembangunan Masjid At-Taqwa Pemangkat menghabiskan dana sebesar Rp. 13,2 miliar. Ini semua partisipasi dan donasi semua pihak. Dari Rp.13,2 miliar, hampir Rp. 9 miliar partisipasi masyarakat selebihnya dukungan pendanaan Pemkab.Sambas, DPRD Sambas dan DPRD Provinsi asal Pemangkat sertah tokoh-tokoh asal Pemangkat, "ujar Urai Tajudin yang juga mantan Sekda Sambas.

Kedepan panitia masih ingin melanjutkan pembangunan yang masih kurang. Kelanjutan bangunan memerlukan dukungan dana sebesar Rp 3,2 miliar. Dengan adanya bantuan pagar dari Gubernur Kalbar maka diperlukan dana sekitar Rp 1,2 miliar untuk penyempurnaan rencana pembangunan WC , Penataan Halaman, dan bangunan TK, "tutup Urai Tajudin.
Share:
Komentar

Berita Terkini