Terapkan PHBS, Mekar Jaya Ciptakan Kampong Kayoh dan Lorong Sehat

Editor: Redaksi author photo
Program kampong KAYOH Desa Mekar Jaya, Sajad, Kabupaten Sambas dalam mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
SAJAD,  Sambasupdate.com- Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sajad, Kab.Sambas semakin mekar dan jaya setelah terpilih mewakili Kabupaten Sambas dalam penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2020 Tingkat Propinsi Kalimantan Barat Kategori Perilaku Hidup Bersih (PHBS).

Melalui inovasi dua program unggulan yakni kampong kayoh dan lorong sehat mengajak warga terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Program kampong kayoh dan lorong sehat dibawah binaan Puskesmas Kecamatan Sajad ini telah dikunjungi tim penilai PHBS tingkat Provinsi Kalbar, Rabu (12/2/2020).

Dalam konfirmasinya, Kades Mekar Jaya Azim mengatakan, kampong Kayoh ini akronim dari Keluarga Berencana Ayo Ber-PHBS Open Defecation Free Hasilkan Generasi Bebas Stunting, "jelasnya. 

Tak puas dengan dua program, Azim akan menggerakan potensi kaum wanita didesa melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk memanfaatkan halaman dan perkarangan rumah ditanami aneka tanaman obat keluarga, sayuran dan tanaman hias, "ucap Azim optimis.

Dalam menggerakan warga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat memang memerlukan waktu. Penciptaan ekosistem yang baik memerlukan dukungan seluruh pemangku kepentingan, "pintanya. (gus) 




Share:
Komentar

Berita Terkini