Pilkada Sambas Dapat Dipastikan Nihil Calon Perseorangan.

Editor: Redaksi author photo
Komisioner KPU Sambas dalam rangka kesiapan pelayanan penyerahan berkas bakal calon perseorangan pilkada Sambas, Sabtu (22/2/2020). Foto:Dok. KPU Sambas
SAMBAS, Sambasupdate.com- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas hingga hari keempat, Sabtu (22/2/2020) belum ada satupun pasangan yang nampaknya akan mendaftar melalui jalur perseorangan atau independen untuk Pilkada Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sambas pada 23 September 2020. Padahal waktu pendaftaran berakhir Minggu 23 Februari 2020 pukul 00.00 Wib. 

"KPU Sambas pada bulan Oktober 2019 pernah ada yang berkonsultasi terkait persyaratan bakal calon dari jalur perseorangan, namun sampai hari keempat belum ada satupun bakal calon yang mendaftar, "ungkap Komisioner KPU Sambas Martono dalam konfirmasinya, Sabtu (22/2/2020).

Martono menjelaskan, sebagaimana tahapan,  jadwal dan program dalam PKPU Nomor 16 Tahun 2019, penyerahan dukungan paslon jalur perseorangan telah diumumkan sejak 3-16 Desember 2019, bahkan KPU Sambas telah membuat undangan terbuka dan diumumkan di media. Sedangkan penyerahan syarat dukungan dimulai sejak 19-23 Februari 2020. 

Jika ada yang menyerahkan dukungan, sebagaimana tahapan KPU akan melakukan pengecekan jumlah dan sebaran dukungan pada 19-26 Februari, kemudian pada 27 Februari-25 Maret 2020 akan dilakukan verifikasi administrasi dan kegaandaan dokumen dukungan, selanjutnya pada 26 Maret- 2 April 2020 penyampaian syarat dukungan ke PPS untuk dilakukan verifikasi faktual, "bebernya. 

Ditambahkan dia, untuk syarat bakal calon jalur perseorangan minimum dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas sebanyak 8,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir. Yaitu dukungan minimum sebanyak 36.494 dukungan foto copy  e-KTP. Yang tersebar di minimal 10 Kecamatan dari 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 18 tahun 2019 tentang Pencalonan, "jelas Martono. 

Adapun bakal calon saat mendaftar ke KPU harus membawa formulir dukungan asli serta dokumen lain hasil cetak dari penginputan data Sistem Informasi Pencalonan (Silon). 

Karena tidak ada bakal calon atau penghubung yang diberi mandat oleh bakal calon dari jalur perseorangan, maka bisa dipastikan Pilkada Kabupaten Sambas tidak ada pasangan dari calon perseorangan dan bakal pasangan calon harus diusung melalui partai politik. Untuk pendaftaran melalui partai politik akan dibuka pada 16-18 Juni mendatang, "tutup Martono.(Gus) 

Share:
Komentar

Berita Terkini