Kapolda Kalbar Diganti, Ini Respon Pegiat Anti Korupsi Kalbar

Editor: Redaksi author photo
Amirudin Pokja Komite Advokasi dan Transparansi Anggaran
SAMBAS, Sambasupdate.com- Sebanyak  delapan Kapolda diganti  dalam  rotasi dan promosi sejumlah pejabat tinggi (pati) Polri. Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/385/II/KEP./2020, Senin (3/2/2020). Surat itu ditandatangani atas nama Kapolri, AS SDM Kapolri, Irjen Eko Indra Heri.

"Mutasi perwira tinggi, pejabat utama Polda dan para Kapolres adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi, dan dalam rangka meningkatkan performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter," kata Brigjen Argo Yuwono dikutip dari detik.co, Senin (3/2/2020) malam.

Dalam surat telegram itu tertera, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Did Haryono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Kapolda Kalbar baru akan dijabat Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto yang saat ini menjabat Kapolda Sulut.

Kapolda Kalbar dimasa Didi Haryono telah banyak melakukan gebrakan, dia meninggalkan legacy yang baik, terutama dalam pemberantasan korupsi di Kalbar,"ungkap Amirudin. 

Dimasa Didi Haryono, penanganan kasus korupsi di Kalbar banyak mendapat perhatian masyarakat, diantaranya: kasus dugaan penyalahgunaan pembangunan Masjid Agung, Melawi senilai Rp13 miliar bersumber dari APBD tahun 2012-2015, kasus dugaan penyalahgunaan Dana Bantuan Khusus Desa bersumber dari APBD Kab.Bengkayang senilai Rp 20 miliar, kasus dugaan pembangunan ruas jalan Kamboja Baru-Pulau Maya KKU senilai 5,7 miliar bersumber dari APBD tahun 2018, kasus penggunaan Dana Hibah/Bansos Sambas bersumber dari APBD tahun 2018 senilai Rp 75,3 miliar. 

Amirudin meminta Kapolda baru Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto memberikan atensi terhadap penanganan kasus korupsi di Kalbar, termasuk kasus Hibah/Bansos Rp.80 miliar yang saat ini pada tahap penyelidikan di Polda Kalbar dan kami telah mendapatkan data dan informasi pihak-pihak yang telah dimintai keterangan dan jangan sampai kasus ini mangkrak "tegas Pokja Komite Advokasi dan Transparansi Anggaran mengingatkan.

Senada dengan hal ini, Oggy Akmadani Presiden Mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mengatakan, "Polda harus memegang teguh misi sebagai penegakan hukum dalam mengawal, mengayomi, dan melindungi masyarakat agar sesuai aturan yang ada. Dia mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru pak Didi Haryono. Kepada Kapolda Kalbar Irjen Remigius Sigit Tri Hardjanto, kami berharap segera di tuntaskan kasus-kasus yang sedang ditangani, seperti kasus korupsi dan kasus kejahatan lainnya, "harapnya. (Gus) 


Share:
Komentar

Berita Terkini