Festival CGM Pemangkat 2020 Meriah

Editor: Redaksi author photo
Aksi tatung dalm festival CGM Pemangkat 2020,Minggu (9/2/2020)
PEMANGKAT, Sambasupsate.com-Kota Pemangkat, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, menggelar perayaan Cap Go Meh. Perayaan hari ke-15 setelah Tahun Baru Imlek 2571, sesuai tradisi warga Tionghoa.

Atong Ketua Panitia Perayaan Tahun Baru Imlek dan CGM Tri Dharma Pemangkat, mengatakan "dalam rangkaian acara Imlek 2571 dan Festival CGM 2020, sudah dimulai pada 25 Desember 2019 yakni pemasangan lampion di ruas jalan di Pemangkat. Adapun puncak perayaan Cap Gffo Meh di Pemangkat dilaksanakan pada Minggu (9/2/2020) yang menghadirkan atraksi ratusan tatung.

Ditambahkan Atong, panitia Tri Dharma Perayaan Imlek 2571 dan Festival Cap Go Meh 2020 menyiapkan hadiah total hampir mencapai Rp200 juta untuk pemenang parade mobil hias dan uang pembinaan dalam pawai tatung Pemangkat, katanya.

Perayaan Cap Go Meh terus mengalami peningkatan signifikan dari tahun ke tahun, dan telah berkembang menjadi destinasi wisata dan budaya multi kultural, yang disambut antusias semua etnis.

Aksi tatung dipusatkan di sepanjang Jalan Sejahtera dan Jalan Moh.Hambal. Perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh di Kecamatan Pemangkat Kab.Sambas sudah menjadi tradisi turun-temurun yang selalu berlangsung dengan sukses dan meriah.

Masyarakat tumpah ruah ke jalan menyaksikan pertujukan tatung yang ekstrim dan menegangkan. Tatung bagi warga Tionghoa dianggap simbol pengusir berbagai penyakit dan roh jahat.

Sebagai rangkaian acara penutupan pada hari ini (kemarin), panitia kembali menggelar panggung hiburan berupa pagelaran seni dan budaya multi etnis dan show artis Helen Huang dari Semarang, "tutup Atong. (*G)
Share:
Komentar

Berita Terkini