Dukung Regulasi Lindungi Pers Nasional Dari Platform Digital Asing

Editor: Redaksi author photo
Presiden Joko Widodo saat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Bajar Baru, Kalsel,  Sabtu (8/2/2020). Foto: Antara
BANJAR BARU, Sambasupdate.com-Dalam sambutannya di HPN 2020 Presiden Joko Widodo mendukung sepenuhnya adanya regulasi untuk melindungi dunia pers nasional yang saat ini terancam oleh platform digital dari luar.

Dikutif dari Antaranews.com, alam era digital saat ini posisi pers mengalami ancaman. Ia mengaku sudah berbicara dengan para pemimpin redaksi media massa untuk menyiapkan draft regulasi yang bisa melindungi dan memproteksi dunia pers, "kata Presiden Joko Widodo dalam sambuatannya di HPN 2020, Banjar Baru, Kalsel, Sabtu (8/2/2020).

Ditambahkan Jokowi "Jangan sampai pers nasional dikuasai platform digital dari luar. Tidak ada aturan, tidak bayar pajak, ambil iklan yang merugikan industri pers Indonesia," katanya.

Jokowi menyebut selama ini belum ada aturan platform digital khusus insan pers. Padahal, saat ini platform digital telah membanjiri Indonesia bahkan seluruh negara. "Nah ini yang sering tidak dihitung (pajak) dan ini perlu diatur dan semua negara mengalami hal yang sama mengenai ini. Regulasi belum ada, aturan belum ada," ucapnya.

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, "Insan pers merupakan pilar demokrasi yang keempat. Kemudian pada pemilu terbesar dan terumit di dunia peran pers sangat besar, mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga situasi bangsa dalam keadaan kondusif," jelasnya. 

Share:
Komentar

Berita Terkini